Selamat pagi...
Bulan baru dan seenggaknya harus ada postingan baru di blog ini.
Bulan baru dan seenggaknya harus ada postingan baru di blog ini.
Postingan gue kali ini akan ngasih tau gimana caranya lo bisa pulang naik angkot ketika ongkos yang lo punya itu tiris atau pas pasan banget. Sekarang kalo kita pikir,ongkos naik angkot itu enggak tetap kayak lo naik commuter line atau busway. Jarak deket aja kadang bisa 3000 rupiah ongkosnya, padahal seharusnya 2000 dan sudah ada tempelan di angkotnya, "jauh dekat 2000". Berikut ini dia...
Cari Rute Berangkat/Pulang Sekolah, Kuliah, Kerja Yang Menggunakan Sedikit Angkot
Hal pertama adalah mencari rute terbaik untuk pulang. Seperti misalnya lo biasa berangkat dan pulang sekolah, kuliah atau kerja naik angkot sampe 3 kali. Tapi ketika ternyata ongkos yang lo punya pas pasan, lo harus berpikir kembali untuk menempuh rute pulang yang sama. Kayak misalnya gue, gue biasa pulang naik elf dengan ongkos 5.000, kemudian dilanjut naik bis 3/4 dengan ongkos 5.000(enggak tau deh sekarang berapa) dan lanjut lagi naik metro mini ongkos 3.000. Jadi total perjalanan berangkat/pulang gur 13.000 sekali jalan. Pulang pergi 26.000.
Tapi ketika gue kenal yang namanya commuter line, perjalanan gue jadinya naik elf ongkos 6.000(jarak ke stasiun lumayan jauh), lalu commuter line 2.000 dan kemudian bisa ditempuh dua opsi, naik metro mini atau jalan kaki. Naik metro mini ongkos jadi 3.000. Kalo di total, sekali perjalanan berarti ongkos gue 8.000/11.000, dua kali jalan jadi 16.000/22.000. Lumayan mengirit 10.000/4.000 dan gue juga enggak harus nunggu ngetem bis 3/4 yang kebangetan ngetemnya kalo commuter line.
Tapi ketika gue kenal yang namanya commuter line, perjalanan gue jadinya naik elf ongkos 6.000(jarak ke stasiun lumayan jauh), lalu commuter line 2.000 dan kemudian bisa ditempuh dua opsi, naik metro mini atau jalan kaki. Naik metro mini ongkos jadi 3.000. Kalo di total, sekali perjalanan berarti ongkos gue 8.000/11.000, dua kali jalan jadi 16.000/22.000. Lumayan mengirit 10.000/4.000 dan gue juga enggak harus nunggu ngetem bis 3/4 yang kebangetan ngetemnya kalo commuter line.
Bayar Ongkos Ketika Banyak Penumpang Yang Turun
Nah kalo yang ini adalah tips curang dari gue. Ketika lo tau ongkos yang lo punya pas pasan dan buat pulang kerumah enggak bisa pake tips sebelumnya, maka gunakanlah cara ini. Mudah kok, cuma butuh keberanian aja haha.
Lo cuma mesti naik angkot seperti biasa aja, kemudian berdoalah semoga di tempat tujuan lo turun dari angkot itu banyak juga penumpang yang turun. Kenapa mesti nunggu banyak penumpang yang turun? Karena kalo banyak penumpang yang turun, supir angkot akan kerepotan nerima ongkos penumpang dan yang perlu lo lakuin adalah kasih aja ongkos lo pas supir angkot dalam keadaan begitu terus melengos aja kalo udah kasih ongkos lo. Selamat, lo berhasil pulang dengan ongkos seadanya.
Lo cuma mesti naik angkot seperti biasa aja, kemudian berdoalah semoga di tempat tujuan lo turun dari angkot itu banyak juga penumpang yang turun. Kenapa mesti nunggu banyak penumpang yang turun? Karena kalo banyak penumpang yang turun, supir angkot akan kerepotan nerima ongkos penumpang dan yang perlu lo lakuin adalah kasih aja ongkos lo pas supir angkot dalam keadaan begitu terus melengos aja kalo udah kasih ongkos lo. Selamat, lo berhasil pulang dengan ongkos seadanya.
Duduk Di Depan Dan Ajak Ngobrol Supirnya
Tips berikutnya itu adalah SKSD( Sok Kenal Sok Deket) sama supir angkot.
Gue pernah tiap kali naik angkot ngeliat penumpang yang duduk di depan itu suka asik ngobrol sama supirnya selama perjalanan. Hasilnya, ketika tuh penumpang turun, penumpangnya bayar seadanya. Misal jarak dari penumpangnya naik sampe turun harusnya 4.000, jadi 3.000/2.500. Bahkan ada yang sampe supirnya bilang "enggak usah mas, pegang aja"
Dari situ gue mulai ngerti, supir angkot itu juga butuh tempat curhat, maka pura pura bahagiakanlah dia ketika ongkos yang lo punya tipis.
Gue pernah tiap kali naik angkot ngeliat penumpang yang duduk di depan itu suka asik ngobrol sama supirnya selama perjalanan. Hasilnya, ketika tuh penumpang turun, penumpangnya bayar seadanya. Misal jarak dari penumpangnya naik sampe turun harusnya 4.000, jadi 3.000/2.500. Bahkan ada yang sampe supirnya bilang "enggak usah mas, pegang aja"
Dari situ gue mulai ngerti, supir angkot itu juga butuh tempat curhat, maka pura pura bahagiakanlah dia ketika ongkos yang lo punya tipis.
Punya Banyak Kenalan Supir Angkot
Tips yang terakhir ini berlaku bagi yang punya banyak kenalan supir angkot/sejenisnya. Yah gue udah sering sih liat yang kayak gini. Lo naik angkot, duduk anteng sambil ngobrol ngobrol dikit, kemudian turun seenaknya tanpa harus bayar. Pas turun penumpangnya bilang "makasih mas ****" ternyata sudah saling kenal.
Yang gue pelajari dari hal ini adalah, lo harus bergaul sama supir supir angkot kalo mau naik angkot gratis.
Yang gue pelajari dari hal ini adalah, lo harus bergaul sama supir supir angkot kalo mau naik angkot gratis.
Nah, sekian dulu beberapa tips dari gue. Beberapa tips diatas emang bener pernah gue lakuin loh. Tujuannya, supaya ongkos untuk hari ini masih sisa untuk ongkos besok.
Oh iya, untuk tips yang kedua itu, gue kalo kemana mana selalu dengerin lagu pake headset, jadi kalo dipanggil panggil sama supir angkotnya ya enggak denger deh....huahahaha
Oh iya, untuk tips yang kedua itu, gue kalo kemana mana selalu dengerin lagu pake headset, jadi kalo dipanggil panggil sama supir angkotnya ya enggak denger deh....huahahaha
0 comments:
Post a Comment